11 Manfaat air beras untuk wajah, mampu mencegah penuaan dini

11 Manfaat air beras untuk wajah, mampu mencegah penuaan dini

Brilio.net - Ada banyak manfaat air beras untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Air beras merupakan sisa air cucian beras. Banyak orang yang justru membuang air beras karena dianggap tak memiliki manfaat. Padahal sudah sejak lama air beras digunakan untuk membantu mempercantik penampilan, mulai dari wajah hingga rambut.

Dilansir dari TimesofIndia, Air beras mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kulit. Ramuan ajaib ini mampu meningkatkan kesehatan, membuat kulit mulus dan membuat rambut lebih berkilau.

Bahkan menurut beberapa ahli, air beras merupakan agen kecantikan ajaib yang kaya akan mineral dan vitamin. Pada awalnya, air beras dijadikan sebagai bahan alami yang digunakan para wanita selama di rumah. Kalau kamu percaya dengan manfaat khasiat dari air beras, kamu bisa mencoba menggunakan sebagai skincare harian.

Air beras fermentasi mengandung komponen kaya antioksidan seperti asam ferulat, gamma-oryzanol dan asam fitat. Kandungan tersebut membantu dalam mencerahkan kulit dan sebagai anti-penuaan, kata dokter kulit dr Jaishree Sharad.

Untuk membuat ramuan air beras, kamu bisa menggunakan semua jenis beras. Cara pertama, cuci beras dengan air yang empat kali lebih banyak dari berasnya, kemudian didihkan. Setelah itu ambil air berasnya, dan diamkan sampai dingin. Setelah itu masukan ke dalam wadah kedap udara selama satu minggu, dan bisa digunakan. Cara kedua, kamu bisa membuat air beras dengan merendam beras dalam air, kemudian diamkan rendaman beras itu selama 30 menit tanpa perlu dimasak, lalu saring dan air beras bisa digunakan. Cara ketiga, kamu bisa membuat fermentasi air beras. Gunakan proses yang sama untuk merendam beras. Diamkan dalam toples selama satu sampai dua hari. Setelah wadah mulai berbau asam, kamu bisa saring beras dan pisahkan dengan airnya, kemudian masukan ke dalam lemari es agar lebih awet. Cairkan bila air beras ingin digunakan.

Lantas apa yah manfaat air beras dan bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/1).

1. Menangkal radikal bebas.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat air beras yang pertama adalah dapat menangkal radikal bebas. Ternyata air beras memiliki sifat antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam, kering, dan tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam, garis halus, dan kerutan.

Kamu bisa menjadikan air beras untuk mencuci muka. Rutin menggunakan bahan alami, kulit kamu akan lebih sehat.

2. Mengontrol produksi minyak di wajah.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Kulit berminyak rentan dengan munculnya jerawat di wajah. Kamu bisa mengatasi masalah kulit berminyak dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menggunakan air beras. Kandungan allantoin memiliki sifat antibakteri yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah. Selain itu juga dapat menenangkan wajah yang berjerawat. Kamu bisa rutin menggunakan air beras untuk mencuci wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menyamarkan flek hitam.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Munculnya flek hitam di wajah disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, usia, genetik, dan hormon. Untuk menyamarkan flek hitam, kamu bisa menggunakan air beras, kandungan vitamin E pada air beras dipercaya dapat menyamarkan flek hitam di wajah. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya juga dapat menghambat proses penuaan dini. Kamu bisa menggunakan air beras sebagai masker, caranya ambil bagian putih dari endapan air beras, kemudian usapkan ke wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

4. Mengobati jerawat.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Jerawat masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat disebabkan karena banyak faktor, seperti tersumbatnya kotoran di wajah sehingga kelenjar minyak tak bisa muncul ke permukaan, hormon, stres, dan masih banyak lagi. Banyak bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati jerawat. Salah satunya adalah air beras. Kamu bisa oleskan air beras ke wajah menggunakan cotton bud. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air biasa.

5. Mencerahkan kulit.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Manfaat air beras selanjutnya adalah mampu mencerahkan kulit. Air beras mengandung gammaoyzanol yang secara alami dapat membuat wajah lebih cerah. Caranya gunakan air beras sebagai toner. Gunakan toner air beras ini dalam rangkaian skincare rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Melindungi skin barrier.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang berhadapan langsung dengan paparan sinar matahari, debu, dan polusi. Karena sering terpapar dengan paparan sinar matahari, debu, dan polusi, kulit mengalami banyak masalah, seperti kulit kusam, kering, hingga munculnya jerawat. Kamu bisa memanfaatkan air beras untuk melindungi skin barrier. Sebuah penelitian menemukan bahwa pati beras dapat membantu meningkatkan dan melindungi skin barrier. Kamu bisa gunakan air beras untuk mencuci muka, gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal

7. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Pori-pori yang besar disebabkan karena produksi minyak berlebih. Hal itu juga yang membuat banyak kotoran yang mudah masuk ke pori-pori sehingga menyumbatnya jalannya kelenjar minyak ke permukaan. Hal buruknya, kulit jadi mengalami komedo dan jerawat. Dengan menggunakan air beras, akan membantu mengecilkan pori-pori. Wajah pun akan terlihat lebih mulus.

8. Mengatasi peradangan di kulit.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Kandungan pitera dan allantoin pada air beras dapat membantu meringankan peradangan di wajah akibat jerawat. Kamu bisa menjadikan air beras sebagai toner dan juga untuk mencuci wajah agar peradangan dapat mereda.

9. Mengatasi kulit terbakar.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Paparan sinar matahari menyebabkan kulit kemerahan dan terbakar atau yang disebut dengan sunburn. Kulit terbakar ini pastinya membuat penderitanya tidak nyaman karena merasa perih dan kulit akan mengelupas. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air beras. Oleskan endapan air beras ke area kulit yang terbakar, nantinya akan memberi efek dingin dan menenangkan kulit.
ini juga sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit berminyak.

10. Merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Dilansir The Epoch Times, beras termasuk bahan alami dengan vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol berfungsi membantu merangsang pertumbuhan sel baru. Pertumbuhan sel kulit baru akan membuat wajah lebih sehat dan cerah. Selain itu juga dapat membantu meremajakan kulit. Kamu bisa menggunakan sari pati air endapan air beras sebagai masker, kemudian usapkan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

11. Mencegah penuaan dini.

Manfaat air beras untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat air beras untuk wajah yang terakhir dapat menghambat proses penuaan dini. Sebuah penelitian mengungkapkan air beras mengandung antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan begitu, dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Kamu bisa rutin menggunakan air beras untuk mencuci muka.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES