7 Urutan skincare siang yang benar agar wajah cerah

7 Urutan skincare siang yang benar agar wajah cerah

Brilio.net - Skincare salah treatment kecantikan yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Urutan skincare siang dan malam yang benar akan memberi efek yang bagus untuk kulit. Skincare ada banyak jenisnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit masyarakat.

Seperti kita tahu kalau kulit salah satu bagian tubuh yang terbesar dan sangat diperhatikan. Karena itu, baik wanita maupun pria sudah mulai peduli terhadap kesehatan kulit mereka dengan melakukan berbagai macam perawatan. Selain perawatan ke klinik kecantikan, mereka juga rutin menggunakan skincare untuk mengurangi dan menghindari berbagai permasalahan kulit.

Namun sayangnya meski sudah melakukan berbagai macam perawatan, ada saja masalah kulit yang dialami, seperti jerawat, flek hitam, wajah kering atau berminyak dan masih banyak sekali. Kemungkinan salah satu alasannya karena urutan skincare-nya masih salah.

Salah satunya urutan skincare siang yang harus benar. Karena saat siang hari wajah harus lebih banyak mendapat perlindungan. Apalagi bagi mereka yang melakukan aktivitas outdoor. Salah urutan pemakaian skincare tak akan menghasilkan kesehatan kulit yang diinginkan.

Kali ini brilio.net akan merangkum urutan skincare siang yang benar agar kulit makin sehat dan glowing. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline.com dan skincare.com, Jumat (31/12).

1. Pembersih wajah.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Sebelum menggunakan skincare, hal pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan wajah. Ada dua tahap pembersihan wajah, jika muka kamu dalam keadaan memakai makeup, gunakan makeup remover terlebih dahulu.

Setelah itu kamu bisa mencuci muka dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Saat mencuci muka lakukan pijatan secara perlahan untuk membuat wajah lebih rileks. Selain itu juga agar wajah bisa bersih merata. Selain membersihkan, sabun cuci muka juga dapat membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Setelah wajah bersih, kamu bisa menggunakan cleanser untuk membersihkan wajah secara double. Membersihkan wajah dengan cleanser ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang masih tertinggal secara merata.

2. Scrub.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Setelah wajah benar-benar bersih, kamu bisa menggunakan scrub wajah. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan scrub, wajah akan lebih bersih dan lembut. Selain itu scrub juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Manfaat lain dari scrub adalah membantu regenerasi kulit, dan mencerahkan. Namun perlu diingat, scrub ini cukup dilakukan 1 sampai dua kali saja dalam seminggu. Sebab bila terlalu sering wajah akan lebih tipis dan mudah iritasi.

3. Toner.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Urutan skincare siang selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner sendiri memiliki fungsi untuk menyeimbangkan pH kulit. Selain itu toner juga bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara menggunakan toner sendiri dengan menuangkan toner ke kapas kemudian diusapkan di wajah secara merata dan dengan lembut.

4. Essence.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Hal yang tak boleh dilewatkan saat menggunakan skincare lainnya adalah menggunakan essence. Essence merupakan cairan berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif tinggi seperti hyaluronic acid, gliserin, dan vitamin C yang tinggi.

Essence berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. Selain itu, produk essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, dan mencegah penuaan.

Caranya penggunaannya cukup tuangkan beberapa tetes essence ke telapak tangan kemudian usapkan ke seluruh permukaan wajah dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan.

5. Serum.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Urutan skincare siang selanjutnya adalah penggunaan serum. Serum ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit, seperti melembapkan dan mencerahkan kulit.

Serum biasanya mengandung vitamin C, retonol, dan hyaluronic acid yang dapat menutrisi kulit sehingga kulit lebih sehat dan terawat.

Cara penggunaan serum sangat mudah, kamu bisa menuangkan serum dari pipet ke beberapa titik di wajah. Kemudian usapkan sambil memberi pijatan lembut agar wajah lebih rileks. Selanjutkan tepuk-tepuk wajah secara perlahan agar lebih meresap.

6. Pelembap.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Penggunaan pelembap pada urutan skincare siang adalah pelembap. Pelembap sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mencerahkan dan membuat wajah glowing.

Skincare ada dua tipe, khusus untuk wajah berminyak dan juga normal. Pelembap itu bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Kalau kamu memiliki kulit kering, bisa menggunakan pelembap dengan tekstur creamy. Tapi kalau kulit kamu berminyak bisa menggunakan pelembab yang watery.

Cara menggunakannya cukup aplikasikan ke area wajah dan leher secara merata. Hindari penggunaan pelembap di area mata karena akan membuat iritasi.

7. Sunblock.

urutan skincare siang freepik

foto: freepik

Urutan skincare siang yang terakhir adalah sunblock. Penggunaan sunblock ini sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apalagi bagi kamu yang melakukan aktivitas di luar, penggunaan skincare tak boleh dilewatkan. Ada banyak macam kandungan SPF dalam sunblock. Kamu bisa menggunakan minimal yang SPF 30.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu bisa menuangkan sunblock dengan takaran dua ruas jar. Kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher. Bagian mata dan bibir juga dianjurkan untuk menggunakan sunblock karena bagian tersebut sangat tipis sehingga berbahaya bila terpapar sinar matahari langsung.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES