8 Manfaat daun sirih cina untuk wajah, bantu memudarkan flek hitam

8 Manfaat daun sirih cina untuk wajah, bantu memudarkan flek hitam

Brilio.net - Ada banyak manfaat daun sirih cina untuk wajah. Daun sirih cina atau rumpang air merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di pekarangan rumah. Daun sirih ini biasa ditanam oleh masyarakat, selain itu memperindah bagian rumah juga disebut sebagai tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat.

Banyak yang bertanya mengenai perbedaan antara daun sirih cina dan daun sirih biasa. Rupanya, meskipun memiliki bentuk daun yang nyaris sama, keduanya berbeda lho. Dalam bentuk fisik, daun sirih cina memiliki bentuk daun mirip hati dan ujungnya berbentuk lebih tumpul dibandingkan daun sirih biasa yang runcing.

Selain itu, dalam bahasa Latin juga keduanya berbeda. Daun sirih cina memiliki bahasa Latin Peperomia pellucida, sedangkan daun sirih biasa bernama Piper betle.

Daun sirih cina biasa dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan berbagai macam penyakit, seperti antiperadangan, diabetes, gangguan sistem kemih, sebagai pengobatan kanker, memperbaiki sistem pencernaan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya untuk kesehatan, ternyata ada banyak manfaat daun sirih cina untuk wajah lho. Tanaman tersebut memiliki kandungan senyawa tanin, flavonoid, dan alkaloid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu kandungan bahan aktif lainnya juga dapat melembapkan kulit, mencerahkan, dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Penasaran apa saja manfaat daun sirih cina untuk wajah? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/3).

1. Mengatasi jerawat

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Sebab, daun tersebut memiliki efek farmakologi sebagai anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa memanfaatkan daun sirih cina dengan dijadikan sebagai masker alami. Caranya, siapkan tiga sampai lima lembar daun sirih cina kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan ke wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Menghaluskan kulit

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Daun sirih cina juga dapat membantu menghaluskan kulit. Kandungan di dalamnya dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya, haluskan lima lembar daun sirih cina kemudian oleskan ke wajah secara merata.

Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

3. Mengecilkan pori-pori wajah

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat daun sirih cina untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengecilkan pori-pori. Setiap orang memiliki pori-pori yang bermanfaat untuk kulit. Pori-pori dapat mengeluarkan kelenjar minyak yang membuat kulit tetap terjaga kelembapan kulitnya.

Namun, ada efek buruk bila kamu memiliki pori-pori besar, yakni bisa menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran menumpuk. Hal itu membuat kelenjar minyak tersumbat dan menyebabkan jerawat. Kandungan senyawa antiseptik di dalamnya mampu membantu mengecilkan pori-pori.

Caranya dengan menggunakan rebusan daun sirih cina. Rebus lima lembar daun sirih cina kemudian cuci wajah dengan air tersebut. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

4. Mencegah komedo

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Munculnya komedo di wajah sangat mengganggu penampilan. Komedo biasanya muncul di beberapa area wajah mulai dari hidung, pipi, dahi, dan juga dagu. Komedo biasanya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna hitam karena sudah teroksidasi oleh debu dan polusi. Selain melakukan perawatan di klinik, kamu juga bisa mencegah munculnya komedo di wajah.

Caranya dengan rebus daun sirih cina, lalu setelah dingin air rebusan itu basuhkan ke wajah. Dengan begitu komedo akan melunak dan mudah dibersihkan.

5. Memudarkan flek hitam

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Munculnya flek hitam di wajah disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, gen, salah menggunakan produk skincare, dan lainnya. Flek hitam memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan daun sirih cina.

Caranya halus lima lembar daun sirih cina kemudian tambahkan dengan jeruk nipis. Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

6. Mencerahkan wajah yang kusam

Manfaat daun sirih untuk wajah



foto: Freepik/drobotdean

Kulit kusam tak jarang menurunkan kepercayaan diri kamu. Karena wajah terlihat gelap, kering, dan kasar. Daun sirih cina bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan wajah kusam. Lamu bisa rebus daun sirih, lalu diamkan hingga dingin.

Basuh wajah dengan air rebusan itu. Perawatan itu bisa dilakukan dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

7. Mengatasi lingkar hitam di area mata

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik.com

Mata salah satu bagian tubuh yang paling banyak dilihat oleh orang, tak heran bila banyak masyarakat yang fokus melakukan perawatan pada area mata. Sebab, area mata bagian yang paling sering mengalami masalah seperti lingkar mata yang menghitam atau mata bengkak. Masalah tersebut terjadi karena kurangnya jam tidur dan juga stres.

Daun sirih cina memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu menyehatkan mata. Caranya cuci bersih dua lembar daun sirih, kemudian rendam di air hangat dan diamkan selama lima menit, setelah itu tempelkan daun sirih ke mata. Diamkan selama 10 menit. Perawatan ini bisa dilakukan setiap malam.

8. Mengatasi bisul di wajah

Manfaat daun sirih untuk wajah

foto: Freepik/gpintsutido

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang terakhir adalah dapat mengatasi bisul di wajah. bisul merupakan kondisi kulit dimana terdapat benjolan berisi nanah dan terasa sangat nyeri.

Munculnya bisul disebabkan oleh infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut. Beberapa bagian tubuh yang sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bokong, dan bagian tubuh lainnya.

Mengatasi masalah bisul bisa dengan bahan alami, yakni dengan ramuan daun sirih cina. Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada daun sirih cina dapat menyembuhkan bisul secara maksimal.

Caranya rebus 10 daun sirih cina, lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu ambil kapas dan basahi kapas dengan ramuan air daun sirih cina kemudian oleskan ke wajah yang terdapat bisul. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap malam hingga bisul mereda.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES