Mengenal freckles wajah, penyebab dan cara mengatasinya

Mengenal freckles wajah, penyebab dan cara mengatasinya

Brilio.net - Memiliki kulit putih dan bersih merupakan impian setiap orang, namun ada saja masalah kulit yang dihadapi banyak orang. Salah satunya adalah freckles wajah.

Freckles wajah adalah bintik-bintik yang memiliki bentuk melingkar dengan cokelat muda hingga cokelat tua. Bintik hitam juga bervariasi dalam ukuran dan dapat berkembang di bagian tubuh mana saja, tetapi paling umum di daerah yang sering terkena sinar matahari. Yakni, punggung tangan, wajah, dan bahu.

Biasanya masalah ini terjadi pada orang dengan rambut merah dan kulit cerah. Bintik-bintik itu bisa muncul pada anak-anak mulai usia 1 atau 2 tahun hingga dewasa. Namun pada orang dengan kulit gelap, bintik hitam di wajah ini dapat hilang dalam 6-12 bulan. Tetapi warna freckles yang lebih dalam bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk memudar.

Freckles wajah ini terjadi karena paparan sinar matahari yang membuat kulit memproduksi melanin secara berlebihan, sehingga muncul bintik hitam di wajah. Kondisi ini disebabkan keturunan, hormon, dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sebenarnya bintik hitam di wajah ini tidak perlu dikhawatirkan dan tidak perlu perawatan khusus. Namun, kehadirannya di wajah dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Penyebab munculnya freckles wajah

Dilansir dari Harvard Health Publishing, ada banyak penyebab munculnya freckles wajah. Berikut ulasannya.

1. Paparan sinar matahari

Penyebab munculnya freckles wajah yang pertama adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari menyebabkan kulit memproduksi melanin berlebih, sehingga muncul noda hitam di wajah. Biasanya area yang sering terkena sinar matahari seperti wajah, tangan, dan lengan.

2. Perubahan hormon

Freckles wajah bisa disebabkan karena perubahan hormon. Biasanya ini terjadi pada wanita yang sedang hamil. Beberapa wanita mengalami bintik hitam ini biasanya tak hanya di wajah tapi juga di beberapa area tubuh. Namun tak perlu khawatir, masalah tersebut biasanya tak berlangsung lama dan akan hilang dengan sendirinya ketika hormon di dalam tubuh sudah kembali normal.

3. Efek obat

Mengonsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan freckles di wajah. Biasanya penyebabnya karena kamu mengonsumsi obat antiinflamasi non steroid. Kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya ketika kamu sudah berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut.

4. Jerawat

Jerawat salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi karena adanya sumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati, kotoran dan minyak di wajah. Sumbatan itu menimbulkan bakteri jenis propionibacterium acnes yang berkembang, menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.

Jerawat bisa dialami oleh segala usia mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Faktor risiko penyebab jerawat adalah hormon, stres, keturunan, salah menggunakan skincare, dan jarang membersihkan wajah. Noda hitam di wajah bisa hilang seiring berjalannya waktu, namun bila sudah menahun perlu dilakukan perawatan intensif untuk memudarkan freckles wajah.

5. Diabetes

Penyebab freckles wajah selanjutnya adalah penyakit diabetes. Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap. Kondisi yang berhubungan dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit gelap dan bintik-bintik kering atau dermopati diabetes.

Cara mengatasinya

Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah freckles wajah dengan berbagai cara.

1. Perawatan topikal

Cara mengatasi freckles wajah yang pertama adalah dengan perawatan topikal. Perawatan topikal ini biasanya menggunakan obat sesuai dengan resep dokter.

Nantinya dokter kulit akan merekomendasikan obat melasma. Beberapa pilihan salep atau krim yang umum digunakan adalah retinol topikal dan perawatan retinoid, yang dioleskan pada kulit untuk membantu mempercepat proses pergantian sel dalam tubuh. Di dalam obat tersebut juga mengandung zat pemutih seperti hydroquinone, yang bekerja dengan menghalangi produksi melanin.

Tetapi meskipun produk dengan hydroquinone dapat dibeli tanpa resep, produk tersebut hanya boleh digunakan di bawah resep dokter dan hanya di area kulit yang gelap.

2. Peeling wajah

Kamu juga bisa rutin menggunakan peeling wajah. Peeling wajah dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Kamu bisa melakukan peeling wajah dengan menggunakan bahan alami. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk peeling wajah, mulai dari tomat, pepaya, alpukat, bengkuang, dan masih banyak lagi.

3. Pengobatan oral

Selain pengobatan salep atau krim, kamu juga bisa mengatasi masalah freckles wajah dengan pengobatan oral. Pengobatan oral itu mengandung asam traneksamat dapat menghalangi plasminogen menjadi plasmin, serta menghambat terbentuknya melasma.

4. Laser

Freckles wajah yang sudah menahun pastinya sulit dihilangkan dalam satu atau dua kali perawatan. Kamu harus melakukan laser. Laser merupakan perawatan yang umum dilakukan untuk mengobati bintik hitam di wajah.

Laser wajah bekerja dengan menembakan ke area yang memiliki flek hitam di wajah. Perawatan dengan laser memiliki downtime dengan kulit yang terbakar, namun itu hanya berlangsung dua minggu sampai satu bulan dan akan terlihat hasilnya.

5. Chemical peeling

Cara mengatasi freckles wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan chemical peeling. Chemical peeling merupakan pengelupasan wajah dengan menggunakan bahan kimia. Biasanya terkandung di dalam serum, toner, dan pelembap wajah. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES