5 Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama, gosok dengan pijatan lembut

5 Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama, gosok dengan pijatan lembut

Brilio.net - Bagi kebanyakan orang, memiliki rambut berwarna adalah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, kegiatan mewarnai rambut, baik di rumah maupun di salon, menjadi kesenangan tersendiri. Seperti memilih warna yang akan digunakan, menentukan bagian rambut mana saja yang akan diwarnai, serta cara merawat rambut yang diwarnai agar bisa tetap sehat dan tidak luntur.

Lunturnya warna rambut menjadi keluhan yang dirasakan kamu yang hobi mewarnai rambut. Bukan hanya bisa mengganggu penampilan, memudarnya warna membuat kamu jadi harus berulang kali melakukan pewarnaan sehingga rambut berisiko mudah rusak, dan belum lagi ada biaya yang harus dikeluarkan.

Meskipun memang ketahanan pewarna pada rambut tidaklah begitu kuat, namun terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga warna tersebut agar tidak mudah hilang. Salah satunya memperhatikan cara mencuci yang tepat untuk rambut yang diwarnai. Seperti lima cara yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/1).

1. Gunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai.

Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama freepik.com

foto: freepik.com

Adanya bahan kimia pada pewarna rambut diketahui memang bisa membuat rambut lebih rapuh dan rusak. Karenanya dibutuhkan produk perawatan rambut dengan nutrisi serta vitamin yang lebih ekstra, sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan rambut. Salah satunya adalah dengan menggunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai. Biasanya, sampo khusus ini memiliki pigmen yang dapat mengunci warna rambut sehingga lebih tahan lama.

Selain sebagai bentuk perlindungan, memakai sampo khusus juga akan menjaga ketahanan warna pada rambut, agar terhindar dari sulfat sebagai bahan yang diketahui bisa mempercepat pemudaran warna.

2. Melakukan teknik co-washing.

Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama freepik.com

foto: freepik.com

Co-washing adalah kepanjangan dari conditioner washing. Prinsipnya adalah mencuci rambut hanya dengan air (tanpa sampo) namun tetap menggunakan kondisioner setelahnya. Namun teknik ini tak boleh dilakukan secara terus menerus, mengingat penumpukan debu dan minyak pada kulit kepala bisa menimbulkan masalah rambut.

Lakukan co-washing 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kelembutan rambut yang diwarnai, dan keramas dengan sampo seperti biasa saat weekend. Hal ini akan memberikan perbedaan yang signifikan dibanding jika kamu keramas menggunakan sampo secara terus menerus.

3. Hindari keramas menggunakan air panas.

Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama freepik.com

foto: freepik.com

Sekalipun terasa nikmat, mandi dengan air panas tidak dianjurkan terlebih untuk rambut berwarna, karena dapat membuka kutikula rambut sehingga warna akan pudar dengan cepat. Bagi kamu yang sudah terbiasa, sebisa mungkin gunakan air dengan suhu yang tidak terlalu panas lalu bilaslah kembali dengan air yang dingin. Suhu dingin dapat mempertahankan kelembapan serta warna pada rambut tanpa takut luntur.

4. Hindari menggosok rambut terlalu kuat.

Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama freepik.com

foto: freepik.com

Saat keramas, gosoklah rambut dengan pijatan lembut. Jangan menggosok rambut terlalu kuat apalagi sampai ke kulit kepala. Ini akan menyebabkan kulit kepala mudah iritasi dan warna rambut rusak. Cara ini juga akan mengurangi kerontokan pada rambutmu, karena, menggosok rambut terlalu kuat justru akan membuat rambutmu kusut dan mudah rontok serta patah.

5. Sebaiknya jangan keramas terlalu sering.

Cara mencuci rambut yang diwarnai agar tahan lama freepik.com

foto: freepik.com

Mencuci rambut setiap hari adalah sesuatu yang perlu dihindari untuk menjaga kecerahan warna pada rambut. Bukan hanya membuat tampilan warna menjadi pudar, terlalu sering keramas justru bisa menghilangkan minyak alami yang membuat rambut kering. Sebaliknya, kamu hanya perlu mencuci rambut 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga warna rambut tetap terlihat dengan cerah. Selain itu, cobalah gunakan sampo kering yang membuat rambut tetap terlihat segar tanpa harus dibilas sehingga aman untuk rambut berwarna.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES