7 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami, rutin gunakan teh hijau

7 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami, rutin gunakan teh hijau

Brilio.net - Memiliki rambut sehat, hitam, indah, dan panjang bak Rapunzel merupakan dambaan bagi sejumlah wanita. Terlebih, rambut menjadi mahkota bagi setiap manusia. Berbagai perawatan dilakukan agar mendapatkan rambut yang mereka dambakan. Tidak hanya itu, perawatan rutin yang dilakukan juga bisa membuat rambut terhindar dari berbagai masalah, rambut menjadi sehat, dan panjang secara alami.

Berbicara mengenai rambut panjang, dilansir briliobeauty.net dari Byrdie, Rabu (26/10) diketahui rambut tumbuh kira-kira setengah inci atau sekitar 1,27 sentimeter setiap bulan. Bahkan bisa bertambah enam inci atau sekitar 15,24 sentimeter setiap tahun. Pertumbuhan rambut ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor usia, kesehatan, dan faktor lain misalnya stres dan gaya hidup tidak sehat.

Agar rambut dapat panjang dengan sehat dan alami terdapat berbagai cara. Salah satunya yaitu memberikan pijatan kecil pada kepala. Cara ini bisa dikombinasikan dengan menggunakan bahan alami. Nah, bahan alami ini mudah didapatkan di sekitar, dan mengaplikasikannya pun cukup mudah.

Lantas bagaimana cara memanjangkan rambut secara alami? Berikut ini tujuh cara memanjangkan rambut pakai bahan alami, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10).

1. Menggunakan putih telur.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/@monicore

Bahan alami yang pertama kali bisa kamu coba yaitu menggunakan putih telur. Putih telur menjadi salah satu bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah pada rambut, seperti rambut rontok dan rambut tipis. Hal tersebut lantaran, putih telur memiliki kandungan berupa protein yang bisa mengatasi rambut rontok. Sementara itu, adanya vitamin B kompleks membuat rambut semakin kuat dan mendukung pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, kandungan kalsium dan magnesium juga dapat mengatasi rambut rusak.

Nah, cara mengaplikasikannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan putih telur. Lalu oleskan pada kulit kepala dan diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan sampo.

2. Menggunakan buah jeruk.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/pixels2012

Buah jeruk tidak hanya bisa dikonsumsi saja lho. Buah yang kaya vitamin C ini bisa digunakan sebagai perawatan rambut. Kandungan vitamin C membantu menumbuhkan rambut. Bahan alami ini bisa kamu gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Sementara itu, cara mengaplikasikan buah jeruk untuk perawatan rambut ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membelah buah jeruk menjadi dua bagian. Lalu oleskan irisan buah jeruk tersebut pada rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

3. Menggunakan teh hijau.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/mirkostodter

Manfaat teh hijau tidak hanya untuk kesehatan sehat saja. Bahan alami ini memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai perawatan rambut. Dilansir briliobeauty.net dari Healhtline, Rabu (26/10) dijelaskan bahwa teh hijau memiliki kandungan berupa vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, dan L-teanin yang bisa membuat rambut menjadi subur.

Nah, cara mengaplikasikannya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat teh hijau. Lalu diamkan hingga dingin. Kemudian oleskan pada rambut dan diamkan kurang lebih 30 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

4. Menggunakan buah alpukat.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/jillwellington

Cara berikutnya yaitu menggunakan buah alpukat. Buah ini memiliki kandungan berupa vitamin E. Kandungan tersebut membuat rambut menjadi lebih sehat, tebal, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Nah, cara memakainya yaitu cukup haluskan satu buah alpukat. Kemudian campur dengan minyak zaitun. Lalu oleskan pada rambut dan diamkan 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

5. Madu.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissine

Madu tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan saja. Bahan alami yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan rambut. Pasalnya, madu memiliki kandungan vitamin C yang bisa membuat rambut menjadi sehat dan meningkatkan regenerasi folikel rambut. Selain itu, adanya kandungan antioksidan di dalamnya bisa meningkatkan kolagen, elastisitas, membuat rambut berkilau, dan menghaluskan rambut.

Sementara itu, cara mengaplikasikan madu cukup dengan mengoleskan pada rambut. Kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

6. Minyak kelapa.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/moho01

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa kerap kali digunakan untuk merawat rambut. Dilansir briliobeauty.net dari Healthline, Rabu (26/10) minyak kelapa memiliki kandungan berupa lemak tak jenuh yang bisa melindungi kulit agar terhindar dari kekurangan protein.

Nah, cara menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut ini cukup mudah. Cukup oleskan minyak kelapa pada rambut secukupnya. Lalu pijat dengan perlahan. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Kayu manis.

 Cara memanjangkan rambut pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/publicdomainpicutres

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah kayu manis. Dilansir briliobeauty.net dari Bydrie, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang bisa merangsang sirkulasi darah pada kulit kepala.

Sementara itu, cara menggunakan kayu manis ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan kayu manis dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan pada rambut dan diamkan kurang lebih 45 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES