Cara melembutkan rambut keriting yang kering pakai deep conditioner dari 2 bahan makanan

Cara melembutkan rambut keriting yang kering pakai deep conditioner dari 2 bahan makanan

Brilio.net - Rambut adalah mahkota, oleh karena itu perlu dijaga kesehatan dan keindahannya. Secara umum, rambut sendiri memiliki 3 jenis yaitu keriting, ikal, dan lurus. Pemilik rambut keriting mungkin kerap kali merasa sulit untuk menata rambut. Memang, merawat rambut keriting berbeda dengan jenis rambut lainnya. Meski begitu, cara merawat rambut keriting sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Padahal, cara merawat rambut kering bukanlah hal yang sulit. Dengan menerapkan cara ini, rambut keriting kamu akan lebih mudah diatur dan sama indahnya dengan rambut lurus. Rambut terdiri dari protein bernama keratin yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan ketahanan pada setiap helai rambut. Faktor genetik memainkan peran dalam memengaruhi ketebalan dan struktur rambut, entah itu lurus, ikal, atau keriting.

Rambut yang tebal, bergelombang, atau keriting cenderung lebih kering sehingga lebih mudah kusut. Semakin keriting struktur rambut, semakin besar pula potensi keringnya. Hal ini karena sebum lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting. Oleh karena itu, penggunaan produk yang diformulasikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah solusi yang tepat, salah satunya adalah dengan rutin menggunakan kondisioner.

Bagi pemilik rambut keriting, penggunaan kondisioner sangatlah penting untuk melembutkan rambut. Tak perlu beli produk di pasaran dan merogoh kocek dalam-dalam, pasalnya kamu bisa lho membuat kondisioner sendiri untuk melembutkan rambut keritingmu. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @fayette_nyehn pada (26/1/2022) lalu.

Dalam video unggahan yang berdurasi 50 detik tersebut pemilik akun membagikan cara melembutkan rambut keriting yang kering pakai deep conditioner dari 2 bahan makanan. Bahan-bahan makanan yang digunakan adalah alpukat dan mayones. Selain kedua bahan makanan tersebut, pemilik akun juga menambahkan aloe vera gel dan rosemary oil dalam kondisioner buatannya.

"DIY Deep conditioner for Extremely Dry Hair (Cara membuat deep conditioner untuk rambut yang sangat kering)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @fayette_nyehn, Senin (20/3).

Journal of Cosmetology and Trichology menyebutkan bahwa manfaat alpukat untuk rambut adalah menyehatkannya secara keseluruhan. Buah ini kaya akan vitamin B, vitamin yang berperan penting untuk kesehatan rambut. Vitamin E dan lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat juga tepat untuk perawatan rambut. Rambut makin kuat, lembut, dan sehat.

Alpukat juga kaya akan vitamin, asam amino, asam folat, dan magnesium untuk melembapkan rambut keriting. Kandungan minyak alpukat dapat menembus kutikula rambut dan menghaluskan rambut. Manfaat ini dapat dinikmati semua jenis rambut, tapi biasanya pemilik rambut kering yang akan lebih merasakan perubahan kondisi rambut setelah penggunaan rutin.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES