Cara mengatasi ketombe pria ala rumahan pakai 2 bahan dapur, rambut lebih bersih dan antilepek

Cara mengatasi ketombe pria ala rumahan pakai 2 bahan dapur, rambut lebih bersih dan antilepek

Brilio.net - Ketombe memang menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Tak hanya dialami para wanita, tetapi juga menjadi masalah rambut pada pria. Ketombe terbentuk karena kulit kepala memiliki kelenjar yang memproduksi keringat atau yang dikenal dengan sebutan sebum. Sebum berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari bakteri dan juga melembapkan kulit kepala.

Nantinya sebum akan membentuk sebuah lapisan di atas kulit, yang jika diabaikan akan menyebabkan ketombe. Ketombe merupakan infeksi jamur ketika kulit kepala dibiarkan terlalu lama basah karena keringat akibat beraktivitas, salah satu contohnya yaitu olahraga. Selain itu, munculnya ketombe bisa disebabkan karena dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk perawatan rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu pada kulit kepala.

Nah, untuk mengatasinya kebanyakan pria akan menggunakan beragam produk haircare yang dijual dipasaran, salah satunya seperti sampo yang diformulasikan untuk ketombe. Padahal, tidak semua orang cocok dengan penggunaan produk haircare di pasaran. Justru terkadang penggunaan produk-produk tersebut malah membuat kondisi ketombe semakin parah hingga menyebabkan gatal dan iritasi.

Sebagai solusinya, kamu bisa kok memanfaatkan bahan-bahan alami ala rumahan yang lebih aman dan ramah di kantong. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok @folkthebarber pada (19/9/2022). Dalam video unggahan tersebut pemilik akun membagikan video tentang cara mengatasi ketombe pada pria ala rumahan pakai 2 bahan dapur, lemon dan minyak zaitun.

"Cara menghilangkan ketombe dirumah," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @folkthebarber, Jumat (10/3).

Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat, flavonoid, zat besi, vitamin B, serta zat pencerah alami, yang umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Salah satu manfaat lemon untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon diyakini dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering.

Cara mengatasi ketombe pria ala rumahan pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

Cara mengatasi ketombe pria ala rumahan pakai 2 bahan dapur
freepik.com

Hal ini juga diperkuat dalam sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology. Studi tersebut menyebutkan bahwa asam sitrat dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit kepala secara alami. Dengan demikian, kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe yang membuat kulit kepala gatal.

Sementara minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin A, E, dan K, hingga asam lemak diyakini mampu menutrisi, melembutkan, hingga melembapkan rambut. Berkat kandungan tersebut minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk mengurangi ketombe. Selain mengurangi ketombe, minyak zaitun juga dapat melembapkan rambut kering sekaligus mengurangi produksi sebum berlebih dengan cara melembapkan tiap helai rambut.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES