Cuma pakai 2 bahan alami, cara menghilangkan kutu rambut ini simpel dan efektif

Cuma pakai 2 bahan alami, cara menghilangkan kutu rambut ini simpel dan efektif

Brilio.net - Kutu rambut adalah parasit kecil yang terdapat di kepala manusia. Kutu yang hinggap di rambut juga mampu menghisap darah di kepala hingga bertelur di sana. Telur kutu rambut biasanya terdapat di bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala. Gejala bagi seseorang yang pada kepalanya dijangkiti kutu rambut adalah timbulnya rasa gatal-gatal di kulit kepala, kuping, dan leher.

Rasa gatal ini disebabkan oleh air liur kutu yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala. Kutu rambut sendiri memiliki enam kaki, ukurannya cukup kecil kira-kira sebesar biji wijen dan warnanya hampir mirip rambut. Kutu ini paling sering ditemukan pada anak-anak.

Jika tidak segera dibersihkan, maka bisa mengakibatkan infeksi pada kulit kepala. Ada banyak cara untuk menghilangkan kutu rambut seperti rajin membersihkan rambut dengan sisir serit, menggunakan obat khusus pembasmi kutu, hingga menggunakan bahan-bahan alami.

Cara menghilangkan kutu rambut pakai 2 bahan alami TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Nah, jika kamu ingin menghilangkan kutu menggunakan bahan alami, kamu bisa menyimak cara yang dibagikan oleh salah seorang pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @nicputra pada (24/8/2021). Dalam video yang berdurasi 39 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara menghilangkan kutu rambut yang hanya menggunakan 2 bahan alami. Kedua bahan alami tersebut adalah bawang putih dan jeruk nipis.

"TIPS menghilangkan kutu rambut secara alami!" tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nicputra, Rabu (18/1).

Cara menghilangkan kutu rambut pakai 2 bahan alami TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Bahan alami yang mungkin tidak terpikirkan untuk menghilangkan kutu yakni bawang putih. Ya, bumbu dapur tersebut ternyata ampuh untuk membersihkan kutu dan telurnya. Hal ini karena kandungan capsaicin didalamnya. Meski tak sebanyak cabai, tetapi kandungannya cukup untuk mengusir kutu dan telurnya.

Sementara jeruk nipis memiliki kandungan asam cukup tinggi. Kurang lebih kandungan asamnya hampir mirip seperti pada cuka asam. Tak heran jika jeruk nipis sangat direkomendasikan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

Caranya sangat mudah, yaitu siapkan 5 siung bawang putih dan jeruk nipis. Setelah itu, tumbuk bawang putih hingga benar-benar halus. Kemudian letakkan pada sebuah mangkuk dan tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Lalu aduk kedua bahan tersebut hingga merata.

Cara menghilangkan kutu rambut pakai 2 bahan alami TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Setelah merata, kamu bisa langsung menyaringnya untuk diambil airnya. Lebih lanjut, kamu bisa langsung mengaplikasikan air campuran tersebut pada rambutmu secara merata sambil dipijat-pijat. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, bilas dengan sampo andalanmu hingga bersih. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara menghilangkan kutu rambut itu pun sontak viral dan mengundang banyak reaksi dari warganet. Bahkan sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 3,9 juta kali dan menuai lebih dari 1.400 komentar beragam.

Cara menghilangkan kutu rambut pakai 2 bahan alami TikTok

foto: TikTok/@nicputra

"gua dlu tiap mau keramas minta digosokin jeruk nipis. alhasil sebulan ilang smua," celetuk pemilik akun @xavichaa_.

"nah ini yg gw cari bray..soalnya risih bgt kalo ada kutu," kata akun @nindykirana_67.

"makasih kak udah ngasih tips menghilangkan kutu rambut soalnya aku banyak banget kutu rambutnya," komentar pemilik akun @aufamaulita.

"kk aku kemarin coba hasil nya bagus banget hilang semua," ungkap akun @istian211.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES