Hanya pakai 2 bahan alami, simak cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam

Hanya pakai 2 bahan alami, simak cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam

Brilio.net - Terdapat beragam masalah yang membuat rambut tak sehat. Beberapa di antaranya adalah masalah rambut rontok, rambut kering dan kusam. Masalah tersebut biasanya diakibatkan dari paparan panas seperti pengering rambut dan produk penataan rambut lainnya. Ditambah dengan kurangnya perawatan dan nutrisi yang memadai.

Cuaca panas yang ekstrim, sering keramas dengan air hangat, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sering terpapar sinar matahari secara langsung maupun paparan dari jendela dan, menggunakan AC terlalu lama juga merupakan penyebab lain rambut kering dan kusam. Faktor-faktor tersebut memicu kerusakan kutikula dan korteks rambut. Akibatnya rambut jadi kering dan kehilangan kilaunya.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa seiring dengan bertambahnya usia, maka semakin rentan pula kita mengalami kerusakan rambut. Hal ini terjadi akibat kondisi folikel rambut yang menurun. Saat rambut kering terjadi, lapisan luar rambut mengelupas sehingga membuat rambut frizzy atau kusut, kusam, mudah patah, dan juga disertai kulit kepala yang mengering.

Cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ikkadoo

Apabila kamu mengalami masalah seperti itu, jangan khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami di sekitarmu. Seperti yang dibagikan oleh salah seorang pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @ikkadoo pada (2/9/2022). Dalam video yang berdurasi 1 menit tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam yang hanya memakai 2 bahan alami. Kedua bahan alami tersebut adalah pisang dan madu.

"Perawatan rambut kusam, kusut, dan kering," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ikkadoo, Kamis (19/1).

Cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ikkadoo

Tidak hanya untuk kulit wajah, pisang juga memiliki manfaat alami untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan asam folat pada pisang akan membuat rambut bersinar sekaligus menjaga kulit kepala agar tetap terhidrasi dengan baik. Tak hanya itu saja, kandungan kalium dan kadar airnya yang tinggi membuat pisang cocok untuk merawat rambut kering.

Sementara madu dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga diyakini sebagai pelembap yang mampu menutrisi rambut. Sifat emolien pada madu membantu melembutkan folikel rambut sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau. Selain itu, sifat humektan madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering dan kusam. Sehingga kedua bahan tersebut bisa kamu gunakan untuk merawat rambut kusam dan keringmu dengan memanfaatkannya sebagai masker rambut.

Cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ikkadoo

Caranya mudah, yaitu dengan menyiapkan 2 buah pisang dan 1 sendok makan madu. Setelah itu, kupas pisang dan haluskan menggunakan blender. Jangan lupa tambahkan madu juga, ya, kedalam blender. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering. Jika sudah halus, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada rambut.

Pastikan rambutmu bersih sebelum mengaplikasikan masker. Aplikasikan ke seluruh rambutmu mulai dari akar rambut hingga ujung rambut sampai merata. Kemudian diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu, keramas rambutmu seperti biasa. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ikkadoo

Cara membuat masker rambut untuk atasi kering dan kusam dengan 2 bahan alami ini sontak viral dan mengundang berbagai respon dari warganet. Bahkan sampai artikel ini dibuat, videonya sudah ditonton sebanyak 63,3 ribu kali dan menuai lebih beberapa komentar.

"mntap," komentar akun @HerminsimonSapan.

"Wihhhh kerennnn kk," kata pemilik akun @cky_wijaya.

"kak kalo nggak ad madu bisa nggak," tanya akun @panie792.

@ikkadoo Manfaat masker PISANG+MADU untuk rambut sehat dan kuat #hairtok #haircareroutine #hairtips #hairtipsandtricks #bananahairmask Pieces (Solo Piano Version) - Danilo Stankovic

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES