7 Tips pakai foundation agar tampak natural, gunakan teknik stippling

7 Tips pakai foundation agar tampak natural, gunakan teknik stippling

Brilio.net - Bagi para wanita pecinta makeup, pasti sudah tidak asing lagi dengan foundation. Foundation menjadi salah satu rangkaian penting dari semua jenis makeup. Pasalnya foundation menjadi base atau dasar yang menentukan hasil dari makeup yang diaplikasikan.

Foundation merupakan jenis makeup yang memiliki kegunaan untuk menciptakan alas bedak yang sempurna. Penggunaan foundation juga memiliki tujuan yaitu membantu menutupi noda hitam, bekas jerawat, kemerahan, menutupi pori-pori besar, dan membuat makeup lebih halus. Foundation memiliki berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Terdapat beberapa macam foundation berdasarkan tekstur seperti sheer, oil based, cream, matte, liquid, dan stick.

Foundation yang mampu menyamarkan semua ketidaksempurnaan dan memberikan tampilan halus adalah kunci makeup yang terlihat natural. Namun ketika foundation mulai terlihat cakey atau menggumpal, penampilanmu mulai terlihat nggak natural. Malah, bisa memberikanmu kesan lebih tua atau menonjolkan garis-garis halus yang seharusnya tertutupi dengan baik.

Rasanya ingin menghapus makeup ketika foundation sudah terlihat cakey, atau bahkan nggak menyatu dengan kulit. Namun jangan khawatir, karena briliobeauty.net telah merangkum tujuh tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk ini agar makeup dapat terlihat natural sepanjang hari, Jumat (28/10).

1. Pastikan wajah benar-benar bersih.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Kamu harus memperhatikan kebersihan wajah sebelum memulai makeup. Kondisi wajah yang kotor akan menimbulkan masalah kulit pada wajahmu. Untuk membersihkan noda dan debu, kamu bisa menggunakan kapas wajah yang diberi milk cleanser atau micellar water.

Untuk memastikan kotoran benar-benar terangkat, bersihkan kembali wajah menggunakan facial foam. Keringkan wajah, lalu gunakan toner untuk mengembalikan pH kulitmu. Jangan lupa, kamu pakai produk yang sesuai dengan jenis kulit, ya.

2. Gunakan pelembap sebelum makeup.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Setelah memastikan wajah benar-benar bersih, kamu bisa melanjutkan dengan penggunaan pelembap untuk memberi kelembapan pada kulitmu. Semakin kulit terhidrasi, semakin kecil kemungkinan makeup akan terlihat cakey. Pelembap bisa menjadi base makeup yang bisa memberikan hasil sempurna, terlebih lagi jika kamu memiliki jenis kulit kering.

Nah, kamu bisa menggunakan pelembap jenis krim dengan konsentrasi yang cukup tebal. Namun, jika kulit berminyak, pilih pelembap yang ringan dan cepat meresap.

3. Pilihlah foundation yang tepat.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Foundation adalah item makeup yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika salah memilih warna foundation, warna kulit bisa berubah menjadi terlalu gelap atau terlalu putih hingga kusam. Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan untuk memilih foundation yang disesuaikan dengan jenis kulitmu. Misalnya jika memiliki kulit kering, maka pilihlah foundation yang memiliki formula hydrating.

Sementara untuk yang memiliki kulit berminyak, pilihlah foundation yang mampu mengontrol produksi minyak pada wajah (oil-free). Tapi kamu perlu berhati-hati dengan foundation yang berlabel oil free, karena semakin lama digunakan, biasanya akan mengalami oksidasi pada kulit berminyak. Oleh karena itu, pastikan mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.

Tipsnya, pump sedikit foundation pada punggung tangan, lalu tunggu tiga hingga empat menit kemudian. Jika warna foundation tersebut berubah menjadi oranye atau menguning, itu berarti foundation itu mengalami oksidasi. Selain itu, perhatikan juga foundation yang mengandung SPF, kemungkinan besar akan menyebabkan whitecast. Memang ada baiknya, hindari pemakaian foundation yang mengandung SPF pada malam hari atau set foundation dengan loose powder untuk mengurangi whitecast.

4. Gunakan beauty sponge basah untuk meratakan foundation.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu menginginkan hasil riasan yang lebih natural dan terlihat dewy, maka gunakan beauty sponge yang sedikit basah untuk meratakan foundation. Caranya cukup rendam beauty sponge di air dan peras kelebihan airnya, lalu gunakan untuk meratakan foundation. Trik ini bisa kamu terapkan dengan berbagai macam tekstur foundation, bahkan foundation yang full coverage sekalipun.

5. Tambahkan concealer untuk koreksi makeup.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Jika ingin menambahkan coverage, kamu harus menghindari untuk menambahkan layer foundation pada wajah. Alih-alih mendapatkan hasil riasan wajah yang full coverage, menambahkan layer foundation justru membuat hasil riasan wajah akan terlihat cakey. Oleh karena itu, cukup gunakan satu layer foundation pada wajah, kemudian tambahkan penggunaan concealer pada area wajah tertentu yang masih membutuhkan coverage.

6. Tak lupa aplikasikan primer untuk menghaluskan tekstur kulit.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Primer adalah produk yang bisa mengoptimalkan pengaplikasian produk makeup setelahnya. Misalnya face primer, dapat membuat aplikasi foundation menjadi lebih mudah dan hasilnya pun flawless. Hal ini karena primer sangat penting untuk membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan membuat makeup awet sepanjang hari. Maka, jika ingin mengoreksi warna kulit, kamu dapat memilih produk correcting primer. Menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation akan membantu mendapatkan hasil riasan wajah yang lebih halus dan mulus.

7. Gunakan teknik stippling.

Tips gunakan foundation agar tampak natural freepik.com

foto: freepik.com

Teknik stippling adalah sebuah teknik meratakan foundation dengan gerakan tap tap atau menepuk secara perlahan. Teknik satu ini bertujuan agar produk menempel sempurna ke kulit dan menghasilkan hasil yang full coverage. Untuk menerapkan teknik satu ini, kamu dapat menggunakan stippling brush atau beauty sponge dan hindari menyeret aplikator karena dapat menyebabkan hasil akhir foundation terlihat bergaris-garis.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES