10 Manfaat garam untuk wajah, hempas flek hitam membandel

10 Manfaat garam untuk wajah, hempas flek hitam membandel

Brilio.net - Manfaat garam untuk wajah ada banyak sekali. Garam sendiri merupakan bahan dapur yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa pada suatu makanan. Garam memiliki dua jenis, ada garam laut dan garam biasa. Keduanya kerap digunakan untuk campuran bahan makanan.

Namun garam laut dan garam biasa memiliki perbedaan,terutama di kandungan mineralnya. Garam laut kaya akan mineral seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Kandungan tersebut memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Namun siapa sangka, garam laut juga biasa digunakan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan lho. Garam laut juga merupakan bahan umum yang biasa digunakan untuk lulur, masker, dan campuran rendaman di bak mandi. Manfaat garam laut untuk kecantikan yakni dapat meregenerasi kulit, mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan, meningkatkan kualitas tidur, serta meminimalisir stres.

Sementara itu, manfaat garam untuk wajah biasanya dapat mengatasi kulit kering, kusam, iritasi, dan munculnya noda membandel. Jadi tak ada salahnya untuk menambahkan garam laut dalam rangkaian kecantikan harian kalu.

Garam laut mengandung sejumlah elektrolit yang dapat meningkatkan aktivitas sel. Selain itu juga dapat merangsang reaksi antiinflamasi dan mengurangi tanda penuaan, ujar Direktur Pelaksana di The Cornish Sea Salt Company, dr Philip Tanswell seperti dilansir brilio.net dari Byrdie.com, Selasa (15/2).

Nah kali ini brilio.net akan mengulas mengenai manfaat garam untuk wajah. Apa saja yah? Berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/2).

1. Mengatasi jerawat

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat garam untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Ya, jerawat masih jadi salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang, baik pria maupun wanita. Kamu bisa coba mengatasinya dengan garam laut. Garam laut memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan jerawat dan juga mengontrol produksi sebum di wajah sehingga kulit lebih sehat dan tidak mudah muncul jerawat.

Cara memanfaatkannya, siapkan setengah sendok gar laut ke wadah yang berisi air hangat. Kemudian bersihkan wajah seperti biasa menggunakan sabun pembersih wajah khusus jerawat, kemudian bilas dengan air biasa. Setelah itu, bilas wajah kembali dengan air garam dan diamkan 5-10 menit. Kemudian bilas kembali dengan air biasa.


2. Sebagai masker wajah

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik.com

Kamu juga bisa melakukan rutinitas mingguan menggunakan garam yang dijadikan sebagai masker wajah. Garam memiliki sifat anti radang yang berfungsi meredakan iritasi dan jerawat membandel.

Caranya, siapkan dua sendok makan garam dan campurkan dengan empat sendok teh madu. Lalu usapkan ke wajah secara merata sambil diberi pijatan halus. Diamkan satu menit, kemudian bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan satu kali dalam seminggu. Masker wajah alami dengan garam ini juga dapat menghaluskan kulit, mencerahkan, dan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.


3. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik.com

Munculnya kulit mati di wajah menyebabkan wajah terlihat kusam, warna kulit yang tidak merata, serta permukaan kulit yang lebih kasar. Penyebab menumpuknya sel kulit biasanya karena paparan sinar UV, polusi, dan debu.

Meski tidak menyakitkan, masalah sel kulit mati bisa kamu atasi dengan menggunakan garam. Garam bisa dijadikan sebagai scrub wajah, sebab garam mengandung butiran-butiran yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Caranya, siapkan seperdelapan garam, campurkan dengan cuka apel secukupnya dan beberapa lembar daun mint. Kemudian aduk hingga rata dan oleskan ke wajah sambil diberi pijatan halus. Dalam proses scrub ini kamu juga akan merasakan sensasi dingin yang menyegarkan dari daun mint. Kemudian diamkan tiga sampai lima menit, dan bilas dengan air biasa.


4. Sebagai toner wajah

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Kamu bisa memanfaatkan garam untuk toner wajah. Toner ini berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran debu dan makeup di wajah. Selain itu, toner juga dapat menenangkan dan menyegarkan wajah.

Cara membuat toner dengan air garam adalah campurkan satu sendok makan garam laut dan sedikit epsom ke satu gelas air hangat. Kemudian aduk hingga bahan tersebut larut dalam air. Masukan air tersebut ke dalam botol spray, lalu toner bisa langsung digunakan.


5. Mengontrol produksi minyak

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Munculnya minyak berlebih di wajah menyebabkan kulit rentan mengalami jerawat dan kulit kusam. Kamu bisa menggunakan garam untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

Caranya, gunakan air garam untuk mencuci muka, diamkan beberapa menit lalu bilas kembali dengan air biasa. Selain mengontrol produksi sebum, air garam juga dapat memberi nutrisi untuk kesehatan kulit kamu.


6. Eksfoliasi alami

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat garam untuk wajah selanjutnya adalah sebagai eksfoliasi alami. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Sebab pada garam terdapat butiran-butiran halus yang dapat mengangkat sel kulit mati di wajah, memperbaiki tekstur kulit, dan membantu meregenerasi kulit.

Cara menggunakannya, campurkan setengah cangkir garam, seperempat cangkir gel lidah buaya dan empat sendok minyak almond. Kemudian aduk hingga tercampur data. Oleskan ke wajah secara merata sambil diberi pijatan lembut. Lalu bilas dengan air biasa.


7. Mengurangi peradangan

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik.com

Saat wajah mengalami peradangan akibat jerawat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air garam. Caranya, siapkan satu sendok garam ke dalam wadah kemudian tambahkan dengan air hangat secukupnya. Kamu bisa cuci muka dengan air garam yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah.


8. Menenangkan kulit

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Sifat anti inflamasi pada garam juga dapat bermanfaat untuk menenangkan kulit, meredakan iritasi dan juga peradangan. Caranya, campurkan garam dan madu kemudian oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.


9. Menghilangkan kantung mata

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/kamranaydinov

Dark circle atau kantung mata di wajah disebabkan oleh mata lelah dan kurang istirahat. Bagi kamu yang memiliki masalah mata panda pasti sangat mengganggu penampilan. Untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan garam.

Caranya. Campurkan garam dan air secukupnya, kemudian ambil kapas dan basahkan ke air garam lalu oleskan ke kantung mata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.


10. Mengatasi bibir kering

Manfaat garam untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudiox

Manfaat garam untuk wajah yang terakhir dapat mengatasi bibir kering. Bibir kering biasanya dialami oleh seseorang karena dehidrasi, kurangnya nutrisi pada bibir salah menggunakan lipstik, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengatasi bibir kering dengan garam.

Caranya campurkan satu sendok garam dengan satu sendok pelembap bibir. Kemudian gosokkan ke bibir. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES