5 Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit, cari berbahan alami

5 Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit, cari berbahan alami

Brilio.net - Perawatan kecantikan kulit tidak hanya berfokus pada wajah, bagian area kulit lain juga perlu dirawat. Nah, salah satu perawatan area kulit yaitu menggunakan body lotion. Perawatan kulit satu ini sangat penting, lantaran bisa menjaga kelembapan.

Dikutip briliobeauty.net dari Skinkratft, Rabu (9/11) tubuh cenderung kehilangan kelembapan sepanjang hari. Maka dari itu, menggunakan lotion membantu menghidrasi dan menutrisi kulit. Lotion juga bisa menjaga agar kulit tetap lembut dan lembap.

Di sisi lain, body lotion memiliki formulasi yang bisa menghidrasi kulit selama satu hari penuh. Body lotion pun dirancang untuk menyerap kelembapan kulit. Jika dibandingkan dengan pelembap wajah, body lotion cenderung memiliki kandungan yang lebih kaya nutrisi. Maka dari itu, bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

Manfaat dari body lotion pun ada banyak. Body lotion bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, memperbaiki skin barrier, menjaga kesehatan kulit, dan menenangkan kulit iritasi.

Walau body lotion memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan kulit, sebelum membelinya kamu harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini tips memilih body lotion sesuai jenis kulit, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/11).

1. Kulit kering.

Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit Freepik.com

foto: Freepik.com

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, jenis kulit ini membutuhkan banyak hidrasi. Maka dari itu, kamu bisa memilih body lotion yang berbahan dasar krim. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan lotion dengan kandungan alami seperti shea butter, minyak kelapa, minyak almond, dan alpukat. Semua kandungan tersebut bisa melembapkan dan mencegah kulit kering.

2. Kulit normal.

Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit Freepik.com

foto: Freepik.com

Bagi kamu yang memiliki kulit normal tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan body lotion yang disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Jika kamu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber AC, kamu bisa menggunakan lotion yang diformulasikan untuk menghidrasi kulit. Sementara itu, jika lebih banyak kegiatan di luar ruangan pilihlah body lotion yang memiliki kandungan SPF, sehingga kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

3. Kulit berminyak.

Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit Freepik.com

foto: Freepik.com

Kamu memiliki kulit berminyak? Jangan khawatir untuk memilih body lotion. Kamu bisa menggunakan body lotion yang memiliki tekstur gel dan dilengkapi kandungan non comedogenic. Selain itu, kamu juga bisa memilih body lotion berbahan dasar air, sehingga bisa menyerap dengan mudah ke dalam lapisan kulit.

Bagi pemilik jenis kulit berminyak bisa menggunakan bahan alami seperti aloe vera, ekstrak mawar, ekstrak teh hijau, dan tea tree oil. Semua kandungan tersebut bisa mengatasi semua permasalahan kulit berminyak, seperti jerawat.

4. Kulit sensitif.

Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit Freepik.com

foto: Freepik.com

Pemilik kulit sensitif memang cukup sulit untuk memilih body lotion yang cocok. Pasalnya, jika salah memilih produk kecantikan, kulit dapat iritasi atau muncul permasalahan kulit lain. Walaupun begitu, terdapat tips bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Kamu bisa menggunakan body lotion yang memiliki kandungan bahan alami seperti chamomile, manjistha, mentimun, rosemary, cendana, dan kunyit.

5. Mature skin.

Tips memilih body lotion sesuai jenis kulit Freepik.com

foto: Freepik.com

Kulit yang sudah menua terlihat dari kondisi kulit berkerut, kering, dan kasar. Nah, untuk mengatasi kondisi kulit tersebut kamu bisa menggunakan body lotion dengan kandungan bahan alami yang bisa membuat kulit lembap dan ternutrisi. Tidak hanya itu, body lotion dengan kandungan lotion antiaging juga bisa mencegah munculnya tanda penuaan.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES