6 Bahan dapur ini bisa jadi pengganti makeup remover, manfaatnya tak kalah dari yang berbahan kimia

6 Bahan dapur ini bisa jadi pengganti makeup remover, manfaatnya tak kalah dari yang berbahan kimia

Brilio.net - Guna menjaga kesehatan kulit wajah, sebaiknya rutin membersihkannya, terutama setelah seharian menggunakan makeup. Produk seperti makeup remover pun seringkali menjadi solusi untuk membantu menghilangkan makeup di wajah. Walaupun ampuh, penggunaan makeup remover lama kelamaan bisa membuat kulit iritasi.

Hal ini karena produk makeup remover yang beredar biasanya mengandung berbagai zat kimia seperti glikol, natrium sulfat, dan wewangian yang sangat kuat. Kandungan tersebut memang mampu membersihkan dan mengangkat kotoran di wajah secara efektif. Sayangnya kulit lagi-lagi terpapar zat kimia, sehingga dia tidak bisa istirahat sejenak dan bernapas.

Tak hanya itu saja, bagi pemilik kulit yang sensitif, penggunaan makeup remover yang mengandung bahan-bahan kimia justru akan memperparah kondisi kulit. Tetapi kamu gak perlu khawatir, ada alternatif remover dari bahan-bahan alami yang bisa kamu temui di dapurmu.

Bahan-bahan dapur tersebut bahkan manfaatnya tak kalah dari produk makeup remover berbahan kimia. Penasaran apa saja? Berikut enam bahan dapur berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber,Kamis(5/1).

1. Minyak zaitun.

Bahan dapur bisa jadi pengganti makeup remover freepik.com

foto: freepik.com

Maskara dan eyeliner waterproof bisa hilang dengan eye remover. Namun, ternyata minyak zaitun juga bisa menghapus riasan pada mata dengan sempurna. Hal ini karena kandungan lemak dalam minyak zaitun ampuh menghapus polesan makeup secara menyeluruh hingga bersih. Jadi tidak perlu merasa khawatir tercampur bahan kimia, ya.

Caranya mudah, tuangkan 2-3 sendok teh minyak zaitun pada kapas. Kemudian bersihkan riasan pada area mata secara perlahan. Diamkan selama 3 menit agar maskara dan eyeliner hilang. Kemudian bilas dan maksimalkan pembersihan dengan menggunakan facial wash andalanmu.

2. Minyak kelapa.

Bahan dapur bisa jadi pengganti makeup remover freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu yang memiliki tipe dry skin, minyak kelapa bisa menjadi alternatif makeup remover, lho. Tak hanya efektif mengangkat dan membersihkan makeup dengan cepat, minyak kelapa juga dapat bekerja menjaga kulit wajah agar tetap lembap serta mengurangi kerutan-kerutan yang ada di kulit. Bahan satu ini juga ampuh untuk menghapus makeup waterproof sekalipun.

Caranya, ambil satu sendok teh minyak kelapa. Tuangkan ke tangan, gosok secara lembut hingga hangat dan cair. Lalu gosokkan ke seluruh wajah. Minyak kelapa akan mengangkat riasan mata, foundation dan concealer dengan baik. Bersihkan dengan kapas lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Susu.

Bahan dapur bisa jadi pengganti makeup remover freepik.com

foto: freepik.com

Pembersih wajah paling umum adalah yang terbuat dari susu atau olahan susu lainnya. Kebanyakan susu mengandung asam laktat, yaitu bagian dari bahan asam alfa hidroksi (AHA) yang banyak dijumpai pada produk perawatan kulit. Selain itu, asam laktat cukup populer digunakan pada produk pembersih wajah dan antipenuaan.

Hal tersebut dikarenakan kandungan aktif susu pembersih dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Untuk mendapatkan wajah halus dan lembut, letakkan beberapa tetes susu pada kapas dan usapkan di seluruh wajah. Bilas dengan air bersih agar sisa makeup tidak bersarang di pori-pori.

4. Yoghurt.

Bahan dapur bisa jadi pengganti makeup remover freepik.com

foto: freepik.com

Yogurt bisa membantu melembapkan kulit dan sangat cocok untuk mengatasi kulit terbakar. Produk yang berbahan dasar susu ini juga bisa dimanfaatkan menjadi pengganti makeup remover. Yogurt sangat cocok dan efektif untuk dijadikan cleanser wajah karena memiliki sifat antibakteri.

Yogurt juga mampu membersihkan pori-pori serta melembapkan kulit sehingga efektif jadi obat pembunuh bakteri dan kotoran pada permukaan kulit. Cara menggunakan yogurt sebagai makeup remover pun mudah. Cukup ambil kapas bersih dan celupkan ke dalam yogurt tawar, gosokkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air dingin.

5. Mentimun.

Bahan dapur bisa jadi pengganti makeup remover freepik.com

foto: freepik.com

Mentimun mengandung sifat anti-inflamasi atau antiperadangan. Khasiatnya bisa menenangkan kulit yang iritasi, mengurangi jerawat dan bekas luka. Tak salah, kalau banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan untuk menghilangkan riasan. Oleh karena itu, lebih baik gunakan mentimun asli untuk membersihkan makeup.

Caranya juga sangat mudah, ambil sebuah timun dan hancurkan sampai lembut seperti pasta. Kamu bisa langsung menggunakan pasta ini sebagai pembersih wajah. Setelah itu bilas dengan bersih. Nah, jika makeup yang kamu kenakan tebal, kamu bisa bisa menambahkan sedikit susu atau minyak zaitun ke dalam pasta timun tersebut. Terakhir bilas dengan air hangat.

6. Madu.

Bahan dapur bisa jadi pengganti makeup remover freepik.com

foto: freepik.com

Madu kaya akan antioksidan dan vitamin C yang efektif membersihkan kotoran, serta membuat kulit halus dan glowing. Madu akan membantu membersihkan pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, debu, kotoran, hingga sisa makeup. Madu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Jangan langsung mengoleskan madu ke kulit karena lengket. Pertama-tama encerkan madu pakai beberapa tetes minyak essensial yang kamu suka, lalu oles ke kulit secara merata. Tunggu 2 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES