Cara membuat scrub wajah sendiri ini bikin kulit licin dan glowing, cuma butuh 2 bahan dapur

Cara membuat scrub wajah sendiri ini bikin kulit licin dan glowing, cuma butuh 2 bahan dapur

Brilio.net - Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel pada wajah. Pengelupasan kulit mati menggunakan scrub dapat membantu kulit tetap sehat. Selain itu juga membantu regenerasi kulit, mencerahkan dan membuat kulit bercahaya, melicinkan, serta lebih sehat.

Scrub pada umumnya dilakukan untuk mengeksfoliasi wajah dari berbagai kotoran yang menempel, seperti sel kulit mati, sebum yang tersumbat di pori-pori, hingga komedo dan noda bekas jerawat.

Dilansir dari Healthline, menurut American Academy of Dermatology, selain mencegah masalah pada kulit, eksfoliasi juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah serta meningkatkan penyerapan produk skincare.

Face scrub atau scrub wajah terdiri dari banyak pilihan. Kamu dapat memilih kandungan bahan face scrub yang sesuai untuk jenis kulitmu. Namun jika ragu untuk menggunakan face scrub di pasaran karena takut mengandung bahan kimia, kamu dapat membuat face scrub sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

DIY membuat scrub wajah hanya pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@kasha_noir

Bahan alami yang bisa dijadikan face scrub merupakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur atau di sekitarmu. Penggunaan face scrub berbahan alami dipercaya lebih baik dan lebih lembut untuk kulit, sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit sekaligus membuat kulit jadi lebih halus.

Salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @kasha_noir membagikan cara membuat face scrub sendiri di rumah. Dalam video yang diunggah pada 29 September 2020 tersebut, sang pemilik akun hanya memanfaatkan dua bahan dapur yang sangat mudah ditemukan.

"Cara buat scrub homemade untuk glowing & licinkan kulit," tulisnya pada keterangan video unggahan, dikutip briliobeauty.net pada Rabu (18/1).

DIY membuat scrub wajah hanya pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@kasha_noir

Dalam video yang berdurasi 15 detik tersebut, pemilik akun memanfaatkan 2 bahan dapur, yakni teh dan gula pasir untuk dijadikan face scrub guna membuat kulit licin dan glowing. Teh memiliki beragam manfaat untuk kulit dan tubuh. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang bisa membantu kulit melawan bahaya polutan.

Teh juga mengandung polifenol, yakni zat yang diyakini bisa membantu menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Kandungan senyawa antioksidan dalam daun teh juga dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Bahkan teh mengandung zat katekin sebagai agen antibakteri yang bisa membantu kulit melawan bakteri penyebab jerawat.

DIY membuat scrub wajah hanya pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@kasha_noir

Scrub berbahan dasar gula sangat baik untuk proses eksfoliasi kulit dan menstimulasi sirkulasi peredaran darah. Asam glycolic pada gula secara alami bisa menghilangkan sel kulit mati, namun tidak akan merusak kelembapan kulit. Sehingga apabila kedua bahan tersebut digabungkan, kamu akan mendapatkan manfaat untuk membuat kulitmu cerah, licin, dan glowing.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampur 1 sendok gula pasir dengan 1 kantung teh celup atau 1 sendok teh. Gunakan perbandingan 1:1 atau sesuai kebutuhanmu. Setelah itu, tambahkan air secukupnya. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata.

Lebih lanjut, kamu bisa langsung menggunakannya pada wajah atau badanmu dengan cara digosok-gosok secara perlahan. Aplikasikan dengan gerakan melingkar agar sel-sel kulit mati terangkat secara maksimal. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih. Gunakan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

DIY membuat scrub wajah hanya pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@kasha_noir

Cara membuat scrub wajah yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @kasha_noir ini pun sontak viral dan mengundang reaksi warganet. Sampai artikel ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak 162,3 ribu kali dan menuai lebih dari 150 komentar beragam.

"Yesss bagus utk kulit..blh melembutkan kulit semua kan kasha ..btw tahniahh ..viddd ni naik dkt fyp fiyaa," komentar pemilik akun @lvlysofiya.

"Makasih yah kak cara nya aku udh putih kak," kata akun @maulidza2.

"Cuma nak share info, bole ganti gula putih dgn gula merah utk tekstur yg halus sikit," celetuk pemilik akun @abiru410.

@kasha_noir Cara buat scrub homemade untuk glowing & licinkan kulit. #tipscantik #bahandapur #breakoutface #tiktokguru #tiktokmalaysia - SS501

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES