Hanya butuh waktu 2 minggu, begini cara cerahkan siku dan lutut pakai body scrub dari 5 bahan alami

Hanya butuh waktu 2 minggu, begini cara cerahkan siku dan lutut pakai body scrub dari 5 bahan alami

Brilio.net - Mempunyai siku dan lutu hitam tentu dapat mengganggu penampilan. Terlebih, bagi kamu yang ingin menggunakan pakaian yang terbuka pada kedua area tubuh tersebut. Lutut dan siku hitam umum dialami oleh semua jenis kulit. Kendati demikian, orang-orang dengan kulit yang lebih gelap berisiko mengalaminya.

Kondisi itu pada dasarnya dapat terjadi karena lutut dan siku adalah area tubuh yang sering mengalami gesekan. Tak hanya itu saja, siku dan lutut menghitam juga disebabkan karena berbagai kondisi lainnya.

Misalnya, konsumsi obat tertentu, adanya kondisi medis khusus (seperti sindrom Addison, obesitas, dan lainnya), hormon yang tidak seimbang, dan hiperpigmentasi pada kulit.

Mengingat kedua area tubuh ini jarang diperhatikan, seperti kulit wajah atau tangan, maka tak sedikit orang yang menyadarinya. Padahal, area siku dan lutut juga perlu dibersihkan dan dirawat menggunakan produk perawatan kulit.

Perawatan-perawatan tersebut biasanya didapat dari salon kecantikan, tapi bisa saja menghabiskan budget yang besar. Nah, untuk kamu yang tidak mau mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kecantikan agar siku dan lutut menjadi cerah, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok dengan nama akun @shapla_11. Dari video yang diunggah, pemilik akun membagikan cara cerahkan siku dan lutut pakai body scrub dari 5 bahan alami yang hanya membutuhkan 2 minggu saja. Bahan alami yang digunakan adalah gula pasir, bubuk kunyit, bubuk akar manis, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan shower gel ke dalam scrub buatannya.

"DIY Body Scrub," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @shapla_11, Selasa (21/3).

Tak hanya dikonsumsi untuk menambah rasa manis pada makanan atau minuman, gula juga bisa digunakan untuk kulit dan kecantikan. Salah satu penggunaan gula untuk perawatan tubuh dan wajah adalah sebagai scrub untuk eksfoliasi. Gula merupakan bahan alami eksfoliasi kulit. Scrub dengan bahan dasar gula memiliki tekstur sedang yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga mampu mencerahkan siku dan lutut yang menghitam.

Cara cerahkan siku dan lutut pakai body scrub dari 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sedangkan bubuk kunyit adalah bahan alami untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari lutut dan siku tanpa efek samping. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang mengurangi dan mengatur produksi melanin berlebih yang bertanggung jawab untuk kulit gelap. Bubuk akar manis atau licorice juga diyakini dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES