Hanya pakai 1 jenis sayur, ini cara membuat hand mask untuk lembutkan dan cegah tangan kering

Hanya pakai 1 jenis sayur, ini cara membuat hand mask untuk lembutkan dan cegah tangan kering

Brilio.net - Kulit kering tak hanya bisa terjadi pada wajah saja. Cuaca dingin, paparan sinar matahari berlebih, hingga terlalu sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer juga bisa bikin kulit tangan jadi kering. Kulit tangan yang kering bakal terlihat seperti mengelupas atau pecah-pecah serta membuatnya jadi terasa kasar dan gatal.

Tak ayal kondisi ini membuat sebagian orang tidak nyaman dan mulai melirik berbagai produk pelembap kulit. Selain menggunakan hand cream, kini juga banyak perawatan tangan salah satunya hand mask. Masker tangan memiliki banyak manfaat, mulai dari melembapkan, menghaluskan, menutrisi, antiaging, hingga mencerahkan kulit tangan.

Berdasarkan cara penggunaannya, masker tangan terbagi ke dalam tiga kategori, yakni yang berbentuk sarung tangan, krim, dan patch. Kulit tangan yang kering atau mengelupas pun dipercaya bisa diatasi setelah menggunakannya. Namun, sayangnya bagi sebagian orang, produk hand mask yang dijual di pasaran memiliki harga yang relatif mahal.

Tak hanya itu, terkadang kandungan kimia yang ada didalamnya juga tidak cocok bagi sebagian orang. Bukannya melembapkan tapi justru makin memperparah keadaan tangan, sehingga membuat kulit tangan jadi mudah iritasi. Nah, untuk mengatasinya sebaiknya kamu membuat hand mask sendiri dari bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @bilintinamakeup pada (24/3/2020) lalu.

Melalui video unggahan yang berdurasi 15 detik tersebut pemilik akun membagikan cara membuat hand mask untuk lembutkan dan cegah tangan kering pakai 1 jenis sayur. Sayur yang digunakan adalah kentang. Selain kentang, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun.

"If your hands are super dry from all the hand sanitizer & washing, this is for you (Jika tangan kamu sangat kering karena hand sanitizer & pencucian tangan, ini untukmu)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @bilintinamakeup, Kamis (23/3).

Cara membuat hand mask pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi, khususnya vitamin C. Vitamin C sudah lama dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan bisa membantu mengatasi kulit yang kering. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan kentang untuk mengatasi masalah kulit kering.

Sementara itu, minyak zaitun bermanfaat untuk melembutkan kulit tangan yang kering. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan squalene di dalamnya. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menghidrasi kulit karena squalene sudah ditemukan di sebum manusia. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E, yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun di tangan dan kaki untuk menyembuhkan kekeringan dan melembutkan kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES