Hanya pakai 2 bahan alami, cara membuat pelembap ini bikin kulit halus dan antikering

Hanya pakai 2 bahan alami, cara membuat pelembap ini bikin kulit halus dan antikering

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa kulit kering atau xerosis bisa disebabkan oleh cuaca dingin, kebiasaan merokok, udara kering dan paparan sinar matahari berlebihan. Masalah ini juga bisa dipicu oleh kadar pH kulit yang tak seimbang. Banyak orang yang memiliki kulit kering akan mengalami kulit yang bersisik, kasar, hingga mengelupas. Kulit kering yang bersisik dan mengelupas selain mengganggu penampilan juga sangat mengganggu aktivitas karena terasa gatal dan perih.

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah menggunakan pelembap kulit. Pelembap sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit dan digunakan secara rutin. Bagi kamu pemilik kulit kering, penggunaan produk pelembap berbahan dasar minyak sangat direkomendasikan guna menjaga kelembapan kulit. Tapi, tidak semua orang cocok dengan kandungan bahan kimia di dalam produk yang dijual bebas di pasaran.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan pelembap alami dari bahan-bahan yang mudah ditemui di sekitarmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @zuriaty_musa. Dalam video unggahan yang berdurasi 30 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat pelembap yang hanya memakai 2 bahan alami. Kedua bahan alami tersebut adalah lidah buaya dan madu.

foto: TikTok/@zuriaty_musa

Lidah buaya mengandung lipid, vitamin dan asam amino yang efektif meningkatkan kelembapan kulit. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya, atau produk gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan lidah buayanya sebanyak 100%, ya. Sementara madu, merupakan zat emolien terbaik yang mampu menghidrasi kulit serta membuatnya terasa lembut dan kenyal.

Sedangkan, kandungan gula pada madu dapat meningkatkan hidrasi kulit sekaligus bertindak sebagai humektan untuk mengunci kelembapan kulit kering. Bagi kamu yang punya masalah jerawat, manfaat madu untuk jerawat dapat membantu mengatasi penyumbatan pori kulit dan membersih wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah penuaan kulit, noda hitam di wajah, dan iritasi.

"DIY pelembab dari dua bahan saja . Nak lagi tips jom support," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @zuriaty_musa, Senin (30/1).

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES