Hanya pakai 2 bahan dapur, cara menghilangkan panu ini bikin kulit kembali mulus

Hanya pakai 2 bahan dapur, cara menghilangkan panu ini bikin kulit kembali mulus

Brilio.net - Bagi sebagian orang, munculnya panu pada kulit menjadi hal yang memalukan. Apalagi jika panu muncul di tempat terbuka, hal ini akan menurunkan kepercayaan diri. Penyakit kulit ini mungkin menjadi hal umum di Indonesia karena memiliki iklim yang cukup panas dan lembap.

Mengutip Emedicine Health, lingkungan dan musim yang panas dan lembap adalah salah satu faktor risiko panu berkembang. Selain itu, panu lebih sering dialami oleh individu usia remaja sekitar 20-an tahun dan kebanyakan mereka adalah pria.

Panu disebabkan oleh infeksi jamur yang menimbulkan bercak yang lebih terang atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Melansir Healthline, penyebab panu adalah infeksi jamur Malassezia yang ditemukan di permukaan kulit.

Meskipun umumnya muncul di badan dan bahu, kamu juga bisa mengalaminya di wajah, punggung, hingga perut. Untuk mengatasinya, terdapat sederet cara menghilangkan panu secara alami yang bisa kamu lakukan. Bahkan bahan-bahan alami tersebut bisa kamu dapatkan di dapurmu, lho.

Cara menghilangkan panu pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@nur.indahsaleh

Seperti yang dibagikan oleh pengguna akun TikTok dengan nama akun @nur.indahsaleh pada (30/9/2022) lalu. Melalui video unggahan yang berdurasi 1 menit tersebut pemilik akun membagikan cara menghilangkan panu hanya pakai 2 bahan dapur. Kedua bahan dapur tersebut adalah kunyit bubuk dan garam.

Kunyit bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit salah satunya mengobati penyakit panu. Kunyit nyatanya memiliki sifat antiseptik, antibiotik, dan antijamur untuk pencegahan dan pengobatan penyakit panu. Sementara garam bisa membuat jamur kekurangan cairan di tubuhnya. Tidak hanya itu, garam juga akan membantu mengurangi kelembapan di lingkungan pertumbuhan jamur.

Cara menghilangkan panu pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@nur.indahsaleh

"Ramuan Penghilang Panu," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nur.indahsaleh, Jumat (20/1).

Caranya adalah dengan menyiapkan 1 sendok makan kunyit bubuk kedalam mangkuk. Lalu, tambahkan 1 sendok makan garam. Kemudian campur kedua bahan tersebut hingga tercampur merata. Setelah itu, tambahkan air secukupnya hingga campuran kedua bahan tersebut berbentuk seperti pasta.

Cara menghilangkan panu pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@nur.indahsaleh

Lebih lanjut, kamu bisa langsung mengoleskannya pada kulitmu yang terdapat jamur penyebab panu. Aplikasikan secara merata sembari digosok secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Terakhir, kamu bisa mengelapnya menggunakan kain atau tisu yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Video cara menghilangkan panu pakai 2 bahan dapur ini pun sontak viral dan mengundang berbagai respon dari warganet. Bahkan sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 60,6 ribu kali dan menuai lebih dari 50 komentar beragam.

Cara menghilangkan panu pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@nur.indahsaleh

"mudah"aku cocok kak gak pede tiba-tiba panuan," komentar pemilik akun @riinirin.

"akun jg lg mengalamin ini skrng..Krn siap berjemur di matahari....," kata akun @eva_yanti78.

"panuku udah nyatu sama kulit mba tapi kalo kulite kering panunya keliatan, bersisik putih juga apa manjur kak," tanya pemilik akun @aderalimotsusuki.

@nur.indahsaleh Ramuan Penghilang Panu #herbal #ramuan #rimpang#kulit #panu DJ YO NDAK MAMPU AKU DUDU SPEK IDAMANMU - INFONE MASEH - Maman Fvndy

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES