Nggak perlu botox ke salon, ini cara membuat masker untuk cegah penuaan dini pakai 1 jenis buah

Nggak perlu botox ke salon, ini cara membuat masker untuk cegah penuaan dini pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Semakin bertambahnya umur, wajah akan rentan mengalami keriput dan kulit jadi mengendur. Paparan sinar matahari, kontraksi otot wajah yang berulang, posisi tidur kurang baik, dan kebiasaan merokok jadi beberapa penyebab penuaan dini.

Proses penuaan umumnya terjadi pada usia di atas 50 tahun. Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin tubuh akan melemah. Akibatnya, elastisitas kulit berkurang sehingga tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau kerutan, muncul. Akan tetapi, proses ini bisa saja terjadi lebih awal atau dikenal dengan istilah penuaan dini.

Pada dasarnya, tanda penuaan dini sebenarnya mirip dengan penuaan kulit secara normal, tetapi terjadi lebih awal. Setiap orang mengalami proses penuaan yang berbeda-beda. Umumnya, seseorang bisa dikatakan mengalami penuaan dini apabila proses ini terjadi sebelum usia 35 tahun.

Pada titik ini kamu mungkin mulai mencari cara untuk menghentikan proses penuaan dini. Berbagai jenis perawatan mungkin menarik utuk dicoba, salah satunya adakah botox. Tak hanya itu, ada banyak produk yang menawarkan perawatan antipenuaan kulit. Tak ada masalah untuk mencobanya. Tapi mungkin ada alternatif lain yang lebih aman, alami, dan terjangkau. Salah satunya dengan menggunakan masker wajah dari bahan-bahan alami.

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @aayurvedam. Dalam video unggahannya tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat masker untuk cegah penuaan dini pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah pisang. Selain pisang, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"DIY Natural Botox Face Mask (Masker Wajah Botox Alami)," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aayurvedam, Kamis (30/3).

Cara membuat masker untuk cegah penuaan dini pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu manfaat pisang untuk wajah adalah bisa mencegah penuaan dini. Manfaat ini didapat karena pisang mengandung nutrisi yang bisa memerangi keriput, membantu memudarkan bintik-bintik penuaan, dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi, seperti vitamin C dan karoten pada pisang dapat membantu memperlambat penuaan. Vitamin C mampu merangsang produksi kolagen dan mempercepat regenerasi sel kulit yang lebih muda.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES