Trik melembutkan kulit pakai body scrub dari 4 bahan alami, bikin halus dan lebih lembap

Trik melembutkan kulit pakai body scrub dari 4 bahan alami, bikin halus dan lebih lembap

Brilio.net - Tak hanya kulit wajah yang perlu dirawat, tubuh juga sebaiknya dirawat agar tetap sehat dan terhindar dari kusam. Akibat banyak yang sering mengabaikannya, kulit tubuh seringnya malah kasar dan kusam. Agar halus, lembut, dan mulus, tentu kamu perlu melakukan serangkaian perawatan. Dan yang pasti kamu harus telaten karena hasilnya tak bisa didapatkan secara instan.

Dengan merawat kulit tubuh, noda yang mungkin ada pada kulit ikut memudar. Hasilnya kulit tubuh pun jadi lebih kinclong dan lembut. Salah satu produk perawatan yang bisa kamu gunakan untuk melembutkan kulit adalah body scrub. Body scrub adalah salah satu jenis zat eksfoliasi fisik yang terbuat dari kombinasi bahan-bahan tertentu. Biasanya, body scrub hadir dalam bentuk krim dengan partikel-partikel kasar, bubuk, atau berbahan dasar minyak.

Pada dasarnya, fungsi body scrub adalah mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Selain itu, manfaat body scrub mampu merangsang produksi kolagen yang menjaga kelembapan kulit sehingga membuat kulit tubuh tampak lebih mulus dan sehat. Sel kulit mati yang terangkat dengan penggunaan body scrub akan tergantikan oleh sel kulit yang lebih sehat.

Daripada membeli produk body scrub di pasaran dan belum tentu cocok dengan kulitmu, lebih baik kamu membuat body scrub sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu. Selain lebih aman, body scrub dari bahan alami juga tak kalah efektif dengan body scrub pabrikan di pasaran. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @rainamonet_ pada 24 Juni 2021 lalu.

Dalam video tersebut pemilik akun memberikan trik melembutkan kulit pakai body scrub dari 4 bahan alami. Bahan-bahan alami yang digunakan adalah garam, shea oil, madu, dan bubuk kunyit. Selain keempat bahan alami tersebut pemilik akun juga menambahkan sabun bayi dalam body scrub buatannya.

"Easy DIY Body Scrub that you can make at home for smooth skin! (Cara membuat lulur mudah yang bisa kamu buat di rumah untuk kulit halus!)," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rainamonet_, Selasa (21/3).

Garam memiliki tekstur seperti butiran-butiran kecil yang jika digunakan sebagai scrub, bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada kulitmu. Cara ini akan membuat kulit kamu tampak lebih bersih dan halus. Sebaiknya, pilih garam bertekstur halus agar mencegah iritasi kulit.

Trik melembutkan kulit pakai body scrub dari 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara itu, shea oil mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat. Hal ini karena di dalam shea oil mengandung asam linoleat, oleat, stearat, dan palmitat. Kandungan tersebut juga sangat cepat dan mudah untuk menyerap ke dalam kulit. Penggunaan yang rutin membuat skin barrier menjadi lebih sehat, sehingga mampu menyerap air lebih baik. Kondisi ini mampu menurunkan risiko kulit kering.

Sedangkan, madu terdapat beberapa kandungan mineral dan vitamin, seperti natrium, asam amino, zinc, zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin D. Madu memiliki sifat emolien yang menjadikannya sebagai pelembap yang bagus untuk kulit. Dalam hal ini, madu mengunci kelembaban di kulit dan membuatnya lembut serta terhidrasi.

Khasiat madu untuk kesehatan kulit lainnya yaitu untuk eksfoliasi kulit. Tidak semua eksfoliator memiliki tekstur yang kasar, karena ternyata madu yang lembut pun memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Begitupun dengan bubuk kunyit bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi, sebab kandungan dan tekstur kunyit bisa mengelupas sel kulit mati secara lembut, tanpa menjadikan kulit iritasi. Nah, kalau sabun bayi bisa kamu manfaatkan untuk membantu membersihkan kotoran pada kulit. Sabun bayi justru diformulasikan dari bahan lembut dan bisa jadi cocok bagi yang berkulit sensitif. Artinya, ketika menggunakan sabun bayi pada orang dewasa maka kemungkinan mengalami iritasi atau tekstur kulit tidak merata bisa dihindari.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES