Urutan eksfoliasi bagi pemula ini cocok untuk segala jenis kulit, wajah jadi lebih cerah

Urutan eksfoliasi bagi pemula ini cocok untuk segala jenis kulit, wajah jadi lebih cerah

Brilio.net - Memiliki wajah yang bersih dan cerah tentu menjadi dambaan setiap orang. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan wajah seperti ini adalah dengan eksfoliasi. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan kulit wajah.

Eksfoliasi wajah adalah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kulit serta pori-pori, agar terhindar dari munculnya komedo dan jerawat yang ada di kulit. Mengeksfoliasi wajah juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

Eksfoliasi termasuk perawatan wajah yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah maupun secara profesional ke dokter kulit. Namun sayangnya, masih banyak wanita yang belum melakukan perawatan ini secara rutin.

Urutan eksfoliasi bagi pemula, cocok untuk segala jenis kulit TikTok

foto: TikTok/@urskinrescuer

Teknik eksfoliasi wajah hanya boleh dilakukan maksimal seminggu 2 kali saja. Seperti diketahui, eksfoliasi wajah adalah cara untuk mengelupas atau mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa menyebabkan iritasi wajah jika dilakukan terlalu sering.

Agar hasil maksimal, eksfoliasi wajah harus dilakukan dengan urutan yang tepat. Seperti yang dibagikan seorang beauty enthusiast melalui akun TikTok miliknya @urskinrescuer.

"Step by step exfoliasi untuk pemula," tulisnya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @urskinrescuer, Selasa (3/1).

Urutan eksfoliasi bagi pemula, cocok untuk segala jenis kulit TikTok

foto: TikTok/@urskinrescuer

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah menggunakan double cleansing. Bersihkan makeup dan kotoran pada wajah menggunakan toner atau micellar water andalanmu. Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash. Hal ini dilakukan untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari sebum, kotoran, dan sisa makeup yang menempel. Setelah itu, keringkan menggunakan tisu.

Lebih lanjut, gunakan exfoliating gel ke seluruh wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 3 menit. Pijat dengan gerakan memutar untuk memaksimalkan pengangkatan sel kulit mati pada wajahmu.

Kemudian bilas dengan air bersih tanpa menggunakan facial wash. Lalu, kamu bisa mengaplikasikan hydrating serum atau calming serum untuk membuat wajah tetap lembap dan segar setelah proses eksfoliasi.

Urutan eksfoliasi bagi pemula, cocok untuk segala jenis kulit TikTok

foto: TikTok/@urskinrescuer

Terakhir, gunakan moisturizer untuk membuat wajahmu lebih kenyal dan terjaga kelembapannya. Hal ini karena eksfoliasi kulit dapat membuat kulitmu terasa kering. Pelembap juga bisa berguna untuk mengurangi iritasi, jerawat, atau pengelupasan setelah eksfoliasi.

Pilihlah pelembap yang noncomedogenic (tidak menyumbat pori) dan memiliki SPF (sun protection factor atau faktor perlindungan terhadap cahaya matahari) dengan tingkat minimal 30 untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan cahaya matahari.

Urutan eksfoliasi bagi pemula ini sontak mengundang berbagai respons dari warganet. Bahkan sampai artikel ini ditulis, video unggahannya tersebut sudah ditonton hingga 1,3 juta kali dan menuai lebih dari 600 komentar dari warganet.

Urutan eksfoliasi bagi pemula, cocok untuk segala jenis kulit TikTok

foto: TikTok/@urskinrescuer

"kalau cuma pakai pelembab doang tanpa serum boleh ngga kak??," tanya pemilik akun @ndaaaaaaa4553.

"stepnya gimana si ga ngerti2 kan dipake kalau sore atau malem gitu kan, cleansing, face was, exfo, toner, serum, cream?? atau gimana plissss," komentar akun @iiiiiiiiiiiiiiind.

"maaciw info nya kak nadd," celetuk akun @yuwwpii_lovvee.

@urskinrescuer Reply to @ucann70 kalo kulit sensitif pakainya 1x aja ya seminggu guyss #skincare #skinrescuer #MakeNightsEpic #exfoliasi #cleorabeauty #cleoraexfogel Celebrate the Good Times - Mason

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES