Warna kembali rata tanpa krim pemutih, ini trik atasi kulit tangan menghitam pakai 1 bahan rempah

Warna kembali rata tanpa krim pemutih, ini trik atasi kulit tangan menghitam pakai 1 bahan rempah

Brilio.net - Cuaca panas pada siang hari memang dapat berpengaruh besar pada kulit. Jika kamu bepergian, maka tidak menutup kemungkinan warna kulit tangan menjadi belang. Bahkan kondisi ini pun bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya, seperti wajah dan kaki. Tentunya, kondisi kulit tangan belang membuat penampilan menjadi kurang maksimal.

Kulit belang terjadi lantaran reaksi melanin dalam kulit yang terpapar sinar ultraviolet. Ketika kulit terpapar sinar UV, sel-sel kulit seperti melanosit akan memproduksi lebih banyak melanin sebagai respon kerusakan.

Sinar UV memicu produksi melanin sebagai mekanisme pertahanan kulit untuk melindungi DNA sel-sel kulit dari kerusakan yang lebih lanjut. Melanin bertindak sebagai pelindung alami terhadap sinar UV dengan menyerap radiasi tersebut dan mengubahnya menjadi energi panas yang lebih rendah berbahaya bagi kulit. Dalam beberapa kasus, produksi melanin yang meningkat dapat menyebabkan peningkatan warna kulit, yang dikenal sebagai hiperpigmentasi.

Sementara itu, kulit belang terjadi karena produksi melanin yang meningkat pada beberapa area kulit. Selain faktor sinar matahari, terdapat faktor lain yang dapat memperparah kondisi ini yaitu jenis kulit dan keturunan.

Walaupun cukup mengganggu, kondisi kulit ini tetap bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Paling umum adalah mengatasinya dengan menggunakan sunscreen, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, dan memakai krim pemutih.

Selain cara-cara di atas, terdapat trik lain yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah menggunakan masker yang terbuat dari satu bahan rempah-rempah yaitu kayu cendana.

Bahan rempah satu ini memang langganan digunakan untuk beberapa jenis produk kecantikan. Pasalnya, kandungan berupa sifat pemutih alami ini membantu meratakan warna kulit belang. Tidak hanya itu, kandungan antiinflamasi ini dapat mengatasi peradangan, mengatasi produksi minyak berlebih, menyegarkan, dan mencegah tanda penuaan.

Itulah manfaat dari kayu cendana yang bisa kamu dapatkan. Tertarik untuk mengatasi kulit belang dengan bahan rempah satu ini? Nah, bagi kamu yang penasaran bisa mensontek langkah-langkah yang dibagikan pengguna TikTok @skinbrushblush_official, Kamis (25/5).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES